Cara Membangun Kerja Tim yang Solid

TEMPO.CO, Jakarta – Tak semua orang bisa bekerja dalam tim meski sebenarnya punya kemampuan untuk itu. Akibatnya, banyak kerja tim yang buruk dan tidak kompak. 

Ketika membandingkan tim yang kurang dapat bekerja sama dengan yang dapat melakukannya dengan baik, hasilnya menunjukkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan. Berikut faktor-faktor tersebut menurut aib.edu.au.

Tetapkan tujuan bersama
Setiap tim terdiri dari beberapa orang dengan berbagai latar belakang dan keterampilan. Karena itu, penting untuk menetapkan tujuan umum. Setiap anggota tim harus mengerti tujuan pribadi harus disisihkan dan tujuan tim harus tetap menjadi fokus sepanjang pekerjaan.

Komunikasi terbuka
Mendorong anggota tim untuk tampil dengan ide mereka sangat penting bagi keberhasilan tim kerja. Ketika anggota tim merasa dapat dengan bebas menyumbangkan gagasan, ada ruang lingkup kreativitas dan inovasi yang lebih luas. Penting juga untuk membangun komunikasi informasi dua arah antaranggota tim dan juga antara anggota tim dengan atasan. Ini memastikan semua orang selalu diberi informasi dan tidak ada topik pembicaraan yang dihindari.

Pilih pemimpin yang kuat
Sebuah tim tidak akan memiliki arah tanpa pemimpin. Penting untuk menunjuk pemimpin yang efisien dan lihai dalam pendelegasian tugas kepada anggota tim yang tepat. Pemimpin juga harus memprioritaskan tujuan tim kerja dan memastikan anggota tim berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, pemimpin harus mampu menunjukkan arah dan meningkatkan moral tim.

Iklan

Jelaskan semua tanggung jawab
Sejak tim terbentuk, perhatian khusus harus diberikan untuk memberikan tanggung jawab langsung kepada setiap anggota tim. Jika parameter yang jelas ditetapkan sejak awal tidak akan ada tumpang tindih kewenangan. Ini adalah langkah penting yang harus dilakukan sebelum menggali pekerjaan sehingga setiap orang jelas dan punya misi yang sama. Jika setiap orang jelas tentang apa yang menjadi tanggung jawabnya, ini membantu mencegah situasi seperti staf yang tumpang tindih terhadap tugas.

Senang membantu orang lain
Dalam sebuah kerja tim, walaupun ada tugas pribadi, Anda harus ingat keseluruhan tujuan adalah memberikan kontribusi untuk menyelesaikan pekerjaan. Ini berarti jika Anda telah menyelesaikan beban kerja, Anda harus bersedia membantu jika diperlukan.

Pilihan Editor: Kerja Tim Kurang Maksimal, Coba Bikin Kegiatan Berikut



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *