Cara Cek Status IMEI Ilegal atau Tidak, Cukup Lakukan 3 Langkah Ini

TEMPO.CO, Jakarta Saat ini, ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa setiap ponsel memiliki identitas unik yang disebut IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identifikasi yang unik untuk setiap perangkat seluler, termasuk ponsel pintar, tablet, dan perangkat seluler lainnya. 

Sebagian besar pengguna ponsel mungkin belum memahami sepenuhnya apa itu IMEI dan apa fungsi sebenarnya.

Apa itu IMEI?

IMEI merupakan nomor identifikasi unik yang melekat pada setiap perangkat seluler. Nomor IMEI ini berfungsi sebagai SID (Subscriber Identification) perangkat dan tidak akan sama dengan nomor IMEI pada perangkat lain. Seperti yang dikutip dari IMEI.info, setiap ponsel pintar memiliki nomor IMEI yang berbeda. 

IMEI berperan penting dalam mengidentifikasi perangkat seluler secara global. Dengan nomor IMEI, operator telekomunikasi, pabrikan perangkat, dan pihak berwenang dapat melacak dan memblokir perangkat yang hilang, dicuri, atau digunakan untuk aktivitas ilegal. 

Pengguna juga dapat menggunakan nomor IMEI untuk memverifikasi keaslian perangkat sebelum melakukan pembelian. Melalui IMEI, produsen, penyedia layanan, dan pihak berwenang dapat melacak dan mengidentifikasi perangkat seluler tertentu.

Apa Itu IMEI Ilegal?

Iklan

IMEI ilegal adalah nomor IMEI yang telah diubah atau dimanipulasi dengan tujuan untuk menyembunyikan identitas asli perangkat seluler atau melakukan aktivitas ilegal. Ponsel dengan IMEI ilegal biasanya digunakan untuk menghindari pelacakan oleh operator telekomunikasi dan pihak berwenang setelah terlibat dalam kegiatan kriminal, seperti pencurian atau perdagangan perangkat curian.

IMEI ilegal juga dapat terjadi pada ponsel yang diimpor secara ilegal atau tidak sah. Ponsel ini mungkin tidak memiliki nomor IMEI resmi yang terdaftar pada basis data yang sah. Penggunaan ponsel dengan IMEI ilegal dapat menyebabkan berbagai konsekuensi hukum dan operasional.

Bagaimana Mengetahui IMEI Kita Ilegal atau Tidak?

Penting bagi setiap pengguna ponsel pintar untuk mengetahui status IMEI perangkat mereka. Memastikan IMEI legal dapat mencegah masalah hukum dan operasional di masa depan. 

Untuk mengetahui apakah IMEI perangkat Anda legal atau tidak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Cek di Pengaturan Perangkat: Cara paling mudah untuk menemukan nomor IMEI Anda adalah dengan masuk ke pengaturan perangkat. Pada sebagian besar ponsel, Anda dapat menemukan nomor IMEI dengan pergi ke “Pengaturan” > “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat” > “Status” > “IMEI” atau “Nomor IMEI.”
  2. Cek di Kotak Perangkat: Jika Anda masih menyimpan kotak asli perangkat, nomor IMEI biasanya tercetak pada kotak tersebut.
  3. Ketik Kode Dial: Anda juga dapat mengetahui nomor IMEI dengan mengetikkan kode dial khusus di aplikasi Telepon. Coba ketik *#06# dan nomor IMEI Anda akan muncul di layar.

Pilihan Editor: Ratusan Ribu HP dengan IMEI Ilegal, Ini Fungsi IMEI yang Jarang Diketahui



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *