5 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Ada Kentang dan Sayuran Hijau

TEMPO.CO, Jakarta – Memanaskan makanan merupakan kebiasaan yang dianggap wajar, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan ketika makanan yang dimasak tidak habis dan sayang untuk dibuang. Akhirnya makanan tersebut dipanaskan kembali dan dimakan lagi. 

Namun, Anda perlu tahu ada beberapa makanan yang jika dipanaskan kembali justru akan menjadi racun dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali? 

1. Kentang

Dikutip dari Times of India, kentang akan kehilangan nilai gizinya jika dipanaskan kembali. Bahkan ketika Anda membiarkan kentang pada suhu kamar untuk waktu yang lama, kentang sebenarnya dapat menjadi racun dan menyebabkan mual atau penyakit, bahkan keracunan makanan.

2. Daging Ayam

Daging ayam merupakan makanan yang berprotein tinggi. Bila mengalami proses pemanasan berulang, dapat mengakibatkan kandungan nitrogen yang ada dalam protein teroksidasi dan mengganggu pencernaan, hingga memicu kanker.

Selain itu, daging ayam yang sudah digoreng dan dipanaskan menggunakan minyak dapat lebih beresiko jika dipanaskan ulang dengan cara yang sama. Pasalnya, berisiko meningkatkan kalori dan lemak jenuh dengan jumlah berlipat.

3. Sayuran Hijau

Jika Anda memiliki bayam atau sayuran berdaun hijau, wortel, lobak, atau bahkan seledri, hindari memanaskannya kembali dalam microwave. Dikutip dari NDTV Food, sayuran-sayuran ini memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Sayuran kaya nitrat ini bila dipanaskan kembali dapat berubah menjadi racun dan melepaskan sifat karsinogenik, yang umumnya bersifat kanker.

Iklan

Bayam mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, sehingga jika dipanaskan kembali dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang diketahui menyebabkan banyak penyakit termasuk kemandulan dan kanker.

4. Nasi

Menurut Foods Standards Agency (FSA), Anda bisa menderita keracunan makanan dengan makan nasi yang dipanaskan kembali. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus cereus. Panas membunuh bakteri ini, tetapi dapat menghasilkan spora yang bersifat racun. 

Setelah nasi dipanaskan kembali dan dibiarkan pada suhu kamar, spora yang dikandungnya dapat berkembang biak. Selanjutnya menyebabkan keracunan makanan saat dikonsumsi.

5. Telur 

Sama seperti ayam, telur merupakan sumber protein hewani yang baik. Makanan yang mengandung protein ini jika dipanaskan kembali pada suhu tinggi dapat membuatnya beracun. Memanaskan kembali telur pada suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan.

Pilihan Editor: 5 Tips yang Perlu Diingat saat Memanaskan Makanan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *